tema  :  BANJIR DI PEKANBARU

 

Pada hari Rabu, 23 November 2011 kemarin terjadi banjir yang cukup besar di daerah perkotaan Pekanbaru. Daerah-daerah yang dibanjiri itu adalah di daerah Panam yaitu jalan HR Soebrantas, Arifin Achmad, dan juga Arengka sekitarnya. Banjir ini terjadi karena hujan yang cukup lebat terjadi terus-menerus belakangan ini. Puncaknya, jalanan menjadi macet di mana-mana. Usut punya usut, rupanya masalah terdapat pada buruknya sistem drainase. Bagaimana tidak buruk, banyaknya masyarakat yang membuang sampah membuat saluran drainase menjadi tersumbat sehingga air tidak bisa mengalir sebagaimana mestinya.

Lalu, apakah ada solusinya?

Ada.

Ada 4 macam solusi untuk mengatasi masalah lingkungan seperti banjir yang telah dipaparkan di atas. Apa sajakah itu?

  1. Solusi preventif

Apa itu solusi preventif? Solusi preventif adalah solusi yang digunakan sebelum terjadinya masalah. Solusi preventif dari banjirnya adalah melakukan perencanaan sistem drainase untuk mencegah kebanjiran, menambah waduk-waduk dan memperdalam waduk yang ada, serta membuat gedung dan rumah tahan banjir.

2. Solusi kuratif

Solusi ini digunakan untuk memperbaiki lingkungan yang terlanjur rusak. Untuk masalah di atas, solusi kuratif yang tepat adalah mengangkut sampah-sampah yang menyumbat drainase itu dan membuangnya ke TPA (Tempat Pembuangan Akhir) yang ada serta memompa air banjir tersebut.

3. Solusi rehabilitatif

Maksudnya adalah solusi yang mengembalikan lingkungan yang rusak kembali seperti semula : Menanam kembali pohon-pohon sebagai pengganti pohon yang tumbang dan rusak akibat tiupan angin kencang dan memperbaiki drainase yang rusak.

4. Solusi promotif

Nah, solusi yang terakhir ini maksudnya adalah dengan cara memberikan aturan-aturan yang disertai pemberian fasilitas. Agar drainase tidak tersumbat, maka harus ada aturan untuk tidak membuang sampah sembarangan. Aturan-aturan itu harus diikuti dengan fasilitas yang ada, artinya harus disediakan tempat-tempat sampah di berbagai tempat agar orang-orang tidak membuang sampah pada tempatnya.

 

Itu saja yang bisa saya beri tau. Kamu punya solusi tambahan? Komen saja ya, terimakasih :)

Credit : bumicenatcenut | riaupos

About these ads

About stillnotkrisan

perempuan. 95. sangat berharap blog ini akan berguna.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s